Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Amal jariyah adalah sebutan umum untuk amalan-amalan yang pahalanya terus mengalir walaupun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia atau wafat. Pahala amalan tersebut akan terus mengalir kepadanya.

Dalam bahasa arab Amal jariah berarti amal yang mengalir. Di sinilah kelebihan amal jariah jika dibanding dengan amalan-amalan lainnya yang hanya diberi balasan 1 kali saja dalam 1 perbuatan, sedangkan amal jariah cukup sekali berbuat balasan pahalanya berlipat-lipat tanpa putus. Inilah yang disebut dengan investasi akhirat yang sangat menguntungkan.

"Jika seseorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh." (HR. Muslim).

3 Amalan Yang Tidak Akan Putus Meski Telah Wafat dan Contoh Amal Jariyah
Contoh-contoh Amal Jariyah :

1. Sedekah Jariyah

Seperti membangun masjid, membangun panti asuhan, membangun sekolah, menggali sumur, memberi kursi dan meja yang baru untuk sekolah sebagai pengganti yang rusak, membagikan Al Quran untuk mesjid dan langgar, membagikan mukena ke mesjid-mesjid dan langgar, memberikan Al Quran kepada para penghafal Al Quran, menanam tanaman yang mana jika buahnya di makan oleh manusia maupun hewan kita akan mendapatkan pahala, sedekah tanah untuk kuburan muslimin dan masih banyak lagi.

2. Ilmu Yang Bermanfaat

Contohnya seperti ibu dan bapak guru, seperti guru pengajian atau orang bertanya sesuatu ilmu kepada kita lalu kita beri jawaban dan orang tersebut memakai ilmu tersebut, mengajarkan sebuah doa kepada orang lain, termasuk apa yang saya bagikan / tuliskan di blog ini. Dll 

3. Anak Yang Sholeh

Anak sholeh adalah hasil dari kerja keras orang tua. Maka dari itu, Islam sangat mendorong orang tua / wali untuk memperhatikan pendidikan anak-anak dalam hal agama, sehingga nanti anak tersebut tumbuh menjadi anak sholeh dan sholehah.

Contoh : anak yang sholeh dan sholehah bersedekah walaupun tanpa niat apapun orang tuanya akan tetap mendapatkan pahala dari sedekah anaknya, baik masih hidup maupun sudah wafat.

Itulah penjelasan mengenai 3 Amalan Yang Tidak Akan Putus Meski Telah Wafat dan Contoh Amal Jariyah, semoga bermanfaat dan menambah keimanan kita.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib