Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Cara Shalat Sunnah Qobliyah Subuh dan Shalat Sunnah Fajar - Apakah shalat sunnah fajar berbeda dengan shalat sunnah rawatib qabliyah subuh ?. Jawaban : keduanya sama saja hanya berbeda istilah. Rawatib adalah bentuk jama dari ratibah. Artinya, tetap, terus-menerus. Qabliyah, artinya sebelum. Shalat sunnah rawatib qabliyah subuh, merupakan istilah para ulama. Artinya, shalat sunnah yang tetap yang dilakukan sebelum subuh. Karena shalat ini dilakukan pada waktu fajar, yaitu setelah azan subuh dan sebelum iqamat subuh, maka dinamakan shalat sunnah fajar.

Untuk yang kurang jelas bisa buka video Ustadz Abdul Somad di Youtube,,,, silahkan dicari.

Setiap perintah ibadah memiliki nikmat dan pahala yang begitu besar, yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. Setiap perintah ibadah merupakan ladang nikmat dan pahala bagi umat manusia. Jangankan pada ibadah yang wajib, ibadah yang sunnah pun banyak sekali yang di dalamnya telah Allah SWT tempatkan nikmat dan pahala yang sangat besar, yang dapat dipetik hanya oleh orang-orang yang taat dan ikhlas menjalankan ibadah tersebut.

Cara Shalat Sunnah Qobliyah Subuh dan Shalat Sunnah Fajar

Shalat sunnah fajar atau shalat qobliyah subuh adalah salah satu contoh ibadah sunnah yang memiliki ganjaran yang sangat besar bagi yang melakukan dan mengistiqomahkannya. Akan tetapi jarang sekali diamalkan oleh umat Muslim, meskipun hanya dilakukan dalam dua rakaat yang ringan.

Aisyah RA meriwayatkan dari Nabi SAW, Beliau bersabda : "Dua rakaat (sebelum) fajar (shalat subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya." (HR Muslim dan Tirmidzi).

Dapatkah kita bayangkan sebesar apa atau seperti apakah sebenarnya nilai dari shalat sunah dua rakaat sebelum fajar tersebut ? Subhanallah, sungguh Allah Maha Kaya lagi Maha Pemurah.

Niat shalat sunnah fajar adalah sebagai berikut :

أُصَلِّى سُنَّةَ الْفَجْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal-fajri rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya : Aku niat shalat sunah Fajar dua rakaat, karena Allah Taala.

Kedua, Membaca do’a iftitah dan surat al-fatihah

Ketiga, Membaca surat-surat pendek setelah membaca surat al-fatihah.

Lebih dianjurkan pada rakaat pertama setelah membaca surat al-fatihah adalah membaca surat Al-Fajr dan pada rakaat kedua setelah membaca surat al-fatihah membaca surat al-ikhlas. Namun, apabila tidak hafal surat Al-Fajr maka setelah membaca surat al-fatihah cukup membaca surat Al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

Niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut :

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya : Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala

Dari 2 niat di atas sama saja,,,, jadi anda bisa memilih bebas menggunakan niat yang mana karena maksud dan tujuannya sama.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw. hampir tidak pernah meninggalkan shalat sunnah sebelum subuh. Hokum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Sehingga Nabi saw. hampir tidak pernah meninggalkan shalat sunnah sebelum shalat fardhu subuh ini.

Waktu Mengerjakannya adalah sebagai berikut :
  1. Adzan subuh berkumandang
  2. Kemudian mengerjakan shalat sunnah 2 rakaat
  3. Iqamah
  4. Shalat fardhu subuh.
Demikianlah Cara Shalat Sunnah Qobliyah Subuh dan Shalat Sunnah Fajar yang bisa penulis sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib