Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

10 Amalan Sunnah Hari Jum'at Untuk Wanita - Dalam 1 minggu ada 1 hari yang sangat istimewa yaitu hari Jum'at, Hari Rayanya umat muslim di seluruh dunia dan pada hari Jum'at tersebut pula ada beberapa amalan sunnah yang sangat baik untuk di kerjakan dan bisa menjadi amalan mingguan sebagai rutinitas setiap hari Jum'at. Jadi sangat disayangkan kalau hari Jum'at dilewati begitu saja atau di sia-siakan tanpa melakukan amalan sunnah satupun. Pada artikel kali ini saya ingin share tentang Amalan Sunnah Hari Jum'at Untuk Wanita.

Hari Jum'at adalah hari yang penuh dengan rahmat bagi seluruh umat muslim, maka dengan melakukan amal kebaikan salah satunya amalan-amalan sunnah, kita bisa meraih pahala yang banyak juga kemuliaan di sisi Allah SWT.

Seperti yang disebutkan dalam hadist yang di riwayatkan oleh Muslim : "Hari terbaik dimana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum'at, hari itu Adam diciptakan, hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari itu juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at".

10 Amalan Sunnah Hari Jum'at Untuk Wanita

Berikut 10 Amalan Sunnah Hari Jum'at Untuk Wanita :

Memotong Kuku dan Mencukur Bulu Ketiak

Memotong kuku dan mencukur bulu ketiak termasuk salah satu sunnah Rasulullah di hari Jum'at. Tentu saja dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW memiliki keutamaan yang banyak.

Bersih-bersih

Mulai dari bersih diri, bersih tempat tidur, bersih rumah dan sekitaran rumah karena "kebersihan adalah sebagian dari iman".

Memakai Wewangian

Setelah mandi dan besuci semampu yang kita bisa, dilanjutkan dengan meminyak rambut dan memakai wewangian karena hari Jum'at adalah hari terbaik bagi umat muslim. Dan para malaikat senang dengan bau wewangian.

Memakai Pakaian Terbaik

Disarankan untuk wanita muslim untuk mengenakan pakaian yang berwarna putih pada hari jum'at. Seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi : "Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian". Kalau tidak ada pakaian putih bisa dengan pakaian yang lain yang terbaik yang kita miliki.

Membaca Surat Al Kahfi

Membacanya boleh pada malam Jum'at atau pada hari Jum'at. Seperti hadis dari Abu Sa'id Al Khudri : "Barang siapa membaca surat Al Kahfi maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga ke Mekkah dan barang siapa membaca 10 ayat terakhir surat Al Kahfi lalu kemudian Dajjal keluar maka ia tidak akan dikuasai.

Banyak-banyak Berdo'a

Setiap dari kita pasti ada hajat ataupun keinginan maka dari itu jangan sia-siakan hari Jum'at. Dari sekian banyak waktu yang mustajab untuk berdoa adalah hari Jum'at. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah : "Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti akan di berikan apa yang ia minta".

Banyak Membaca Shalawat

Membaca shalawat tidak harus pada hari Jum'at tapi bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun, namun pada hari Jum'at ada keistimewaannya karena "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jum'at karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jum'at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat kelak".

Perbanyak Beristigfar dan Berdzikir

Allah melipatkan gandakan setiap amalan-amalan yang kita baca, tidak ada ketentuan jumlah dan batasan yang penting bacalah semampunya.

Perbanyak Sedekah

Bersedekah pada hari Jum'at lebih besar pahalanya jika dibandingkan dengan bersedekah pada hari-hari lainnya. Asalkan dengan niat, tulus dan ikhlas.

Ziarah Kubur

Hari Jum'at sangat baik untuk berziarah ke kubur khususnya kubur orang tua dengan tujuan untuk mendoakan mereka dan tanda bakti kita kepada orang tua. Serta mengambil hikmah dan pelajaran dengan mengingat tentang kematian agar tidak terlena dengan dunia.

Itulah 10 Amalan Sunnah Hari Jum'at Untuk Wanita yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Tidak ada orang terbaik selain beliau yang bisa kita jadikan teladan. Semoga bermanfaat.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib