Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Dalam surat Al Kahfi pada ayat 9 sampai dengan 26 berceritakan tentang beberapa orang pemuda yang tertidur di dalam gua hingga bertahun-tahun lamanya, dalam cerita tersebut mengandung pelajaran-pelajaran yang sangat berguna untuk kehidupan manusia.

Bagi yang belum tahu surat Al Kahfi adalah salah satu surat yang terletak di bagian akhir juz 15 hingga di awal juz 16, surat Al Kahfi termasuk surat yang diturunkan di kota Mekkah. Surat Al Kahfi berjumlah 110 ayat dan menempati urutan ke 18 dari 114 surat yang ada dalam kitab suci Al Quran.

Surat Al Kahfi Juz Berapa

Surat Al Kahfi memiliki banyak sekali keutamaan bagi siapa saja yang gemar mengamalkannya terutama pada malam dan siang hari jumat. Berikut 4 keutamaan membaca surat Al Kahfi :

1. Terlindung dari Dajjal dan fitnahnya.

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

2. Mendapat Cahaya Penerang Dari Allah.

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Mendapat Ampunan Allah.

Dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., "Rasulullah bersabda, ‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at".

4. Terhindar Dari Gangguna Setan.

Salah satu cara melindungi diri dari godaan setan dan segala keburukannya, menurut anjuran Rasulullah SAW adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau di hari Jumat.

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan Allah selalu membimbing kita ke jalan yang benar. Amin

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib