Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Shalat istikharah adalah shalat sunnat 2 rakaat untuk memohon kepada Allah SWT ketentuan pilihan yang lebih baik di antara 2 hal atau lebih yang belum dapat ditentukan baik buruknya.

Shalat istikharah kita jalankan untuk mencari petunjuk dari Allah SWT, semoga di beri tanda-tanda atau isyarat dari Allah dalam rangka memilih pilihan yang terbaik dari yang baik. Kita sebagai hamba Allah diwajibkan berusaha sedangkan Allah yang menentukannya.

Allah yang menetukan dan alam itu berbagai ragam keadaannya. Shalat istikharah ialah mencari kebaikan, artinya kalau mempunyai hajat dan bercita-cita akan mengerjakan sesuatu maksud, maka untuk memilih salah satu dari dua hal diteruskan atau tidak, disunatkan shalat istikharah dua rakaat.

Waktu Shalat Istikharah

Shalat istikharah itu mempunyai waktu tertentu, akan tetapi shalat ini sama saja dengan shalat tahajud dan shalat hajat yang mana waktu utamanya ialah dikerjakan pada malam hari yang sunyi agar Allah lekas mengabulkan apa yang di harapkan dan memberi petunjuk tentang suatu persoalan yang sedang dibimbangkan, baik itu berupa isyarat atau kemantapan hati atau mungkin lewat mimpi ketika sedang tidur.

Sesudah selesai shalat istikharah dengan sempurna kemudian membaca doa istikharah dan sesudah berdoa hendaklah memilih dalam hati mana yang cenderung dalam hari dari pilihan-pilihan yang ada.

Karena kita harus benar-benar mempercayai kehendak Allah yang akan ditetapkan-Nya, sehingga dengan demikian terlepaslah kita dari usaha atau pilihan pribadi yang menurut kita baik padahal tidak baik (karena pandangan dan ilmu kita tidak mampu), sedangkan Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita sekarang dan akan datang.

Hukum Shalat Istikharah

Shalat istikharah hukumnya sunnat muakkad bagi orang yang sedang menginginkan petuntuk, maka ia akan mendapatkan pilihannya.

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Tidak akan kecewa bagi yang melaksanakan shalat istikharah dan tidak akan menyesal bagi orang yang suka bermusyawarah dan tidak akan kekurangan bagi orang yang suka berhemat". (HR Thabrani).

Shalat Istikharah Berapa Rakaat ?

Shalat istikharah itu bilangannya dua rakaat, pada rakaat pertama sesudah Al Fatihah membaca surat Al Kafirun dan pada rakaat kedua sesudah membaca Al Fatihah membaca surat Al Ikhlas.

Jawaban Shalat Istikharah

Shalat istikharah hendaknya dilakukan dengan khusyu, tawadhu, tenang hati dan mantap hati. Insya Allah kita senantiasa memperoleh berkah dalam segala hal.

Jawaban dari shalat istikharah yang dikerjakan bisa berupa kemantapan hati atau kecenderungan hati pada salah satu, bisa mendapatkan mimpi di waktu tidur.

Niat Shalat Istikharah Untuk Jodoh

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita dihadapi dengan berbagai macam pilihan, seperti masalah jodoh, pekerjaan, pendidikan dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut kita dianjurkan melakukan shalat istikharah untuk memohon petunjuk dari Allah agar kita tidak salah pilih.

Niat shalat istikharah untuk permasalah jodoh atau permasalah lainnya sebenarnya sama saja yaitu :

Shalat Istikharah adalah - Ta'rif Shalat Istikharah

Setelah selesai shalat istikharah hendaknya melakukan wirid istikharah seperti dibawah ini :

1. Membaca istighfar sebanyak 100 kali.

2. Membaca shalawat 100 kali.

Doa Selesai Shalat Istikharah

Shalat Istikharah adalah - Ta'rif Shalat Istikharah

Shalat Istikharah adalah - Ta'rif Shalat Istikharah

Seraya membaca doa di atas sebutkan dalam hati permasalahan yang di maksud.

Jika Allah berkenan menerima maka kita akan merasakan berat hati atau cenderung hati ke salah satu pilihan ataupun mimpi di kala waktu tidur.

Misalnya masalah jodoh : diibaratkan jika melihat burung merpati putih maka pertanda orangnya baik dan jika melihat burung berwarna hitam pertanda orangnya tidak baik.

Misal lagi masalah pekerjaan : jika diperlihatkan sebuah pohon yang rindang, maka Insya Allah pekerjaan itu berkah, sebaliknya jika pohon itu terlihat gersang maka pekerjaan itu kurang baik.

Tidak selamanya satu kali mengerjakan shalat istikharah langsung mendapatkan jawaban, terkadang harus berkali-kali. Untuk mempercepat dapatnya jawaban dari shalat istikharah di anjurkan puasa 7 hari berturut-turut di samping mengerjakan shalat istikharah.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib