Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Shalat sunnat tahajud ialah shalat sunnat yang dikerjakan pada malam hari, yang mana jika dikerjakan mendapatkan pahala sedangkan jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Shalat tahajud adalah salah satu macam amalan yang selalu dikerjakan Rasulullah SAW dan para sahabat. Shalat tahajud dikerjakan paling sedikit 2 rakaat, waktunya mulai dari sesudah Isya sampai mendekati waktu subuh dengan syarat harus tidur terlebih dahulu walaupun sebentar, jadi kalau dikerjakan tanpa tidur terlebih dahulu maka tidak di sebut shalat tahajud tetapi shalat sunnat biasa. Pahala shalat tahajud sangatlah besar.

Shalat Tahajud Berapa Rakaat ? Yang Dikerjakan Rasulullah SAW

"Hendaklah engkau gunakan sebagian waktu malam hari, maka Tahajud sebagai tambahan bagimu mudah-mudahan Allah memberikan padamu kedudukan yang baik". (Q.S. Al Isra' : 79).

Ayahanda menjelaskan kepada saya "kedudukan yang baik" itu artinya pekerjaan yang baik, rezeki yang baik, status sosial yang baik jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak shalat tahajud. Secara tidak sadar bagi kita yang rajin mengerjakan shalat tahajud derajad kita di angkat Allah.

"Kedudukan yang baik" untuk mencapai arti tersebut Allah akan meluaskan rezeki bagi yang gemar melaksanakan shalat tahajud.

Shalat tahajud yang sering dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW adalah 8 rakaat ditambah witir 3 rakaat sekali salam. Jadi shalat tahajud sama saja dengan shalat sunnat lainnya hanya saja waktu mengerjakannya adalah di waktu malam hari sesudah bangun dari tidur.

"Shalat malam itu adalah 2 (rakaat), 2 (rakaat) apabila kamu khawatir akan masuknya waktu subuh maka berwitirlah 1 rakaat saja". (Mustafaq'alaih).

Sebagaimana keterangan hadist di atas maka shalat tahajud atau shalat malam dilaksanakan 2 rakaat, 2 rakaat dan sebagai penutup dari shalat tahajud adalah witir (shalat ganjil). Shalat tahajud boleh di kerjaan banyak rakaat tanpa batas.

Itu saja dulu yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini tentang Shalat Tahajud Berapa Rakaat ? Yang Dikerjakan Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan Allah tetapkan Allah kuatkan kita semua untuk selalu mendirikan shalat tahajud apapun halangannya. Amin.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib