Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Hutang ialah kewajiban kita sesama manusia yang harus di bayar, Allah tidak akan mengampunkan dosa orang yang masih mempunyai hutang kepada manusia lain dan parahnya lagi jika dia meninggalkan ruhnya akan tergantung antara langit dan bumi sampai hutang-hutang lunas terbayarkan atau diikhlaskan oleh yang memberikan hutang.

90% orang pernah meminjam atau berhutang kepada keluarga atau teman dekat. Mulai dari jumlah sedikit sampai dengan jumlah yang banyak. Jika kita memiliki uang yang cukup sebaiknya segerakan membayar hutang jangan menunggu sampai ditagih terlebih dahulu.

2 Cara Menagih Hutang Dengan Baik Secara Islam

Berikut Cara Menagih Hutang Dengan Baik Secara Islam :

Cara menagih hutang yang pertama : Menagih hutang boleh dengan menyuruh orang lain akan tetapi harus dengan sikap baik, lembut dan pemaaf karena Allah akan memberikan kasih sayang-Nya kepada orang yang bermurah hati dalam menagih hutang.

Cara menagih hutang yang kedua : Boleh menyita atau menahan barang berharga miliknya (yang kiranya nilai barang tersebut senilai dengan hutangnya) sampai dia mau atau mampu membayar semua hutangnya.

Akan lebih baik lagi kalau kita niatkan saja hutang tersebut sebagai sedekah terhadap orang yang sedang kesulitan insya allah Allah SWT akan menggantikan untuk kita dengan yang lebih baik dari arah yang tidak disangka-sangka.

Si peminjam hutang juga harus tahu bahwa menunda-nunda membayar hutang itu haram jikalau sudah mampu untuk membayar dan akan bertambah 1 dosa setiap harinya sampai hutang tersebut lunas.

Harus di ingat juga orang yang berhutang dengan sengaja berniat tidak mau membayar hutang padahal dia mampu, dia akan dihukum sebagaimana pencuri. Dalam sabda Rasulullah SAW : "Orang yang berhutang dan enggan melunasinya akan bertemu dengan Allah dengan status pencuri" serta di kumpulkan dengan golongan pencuri dan akan di beri balasan yang adil oleh Allah.

Ketahuilah hutang bisa membuat tali silaturahmi jauh bahkan putus, jadi memang sebaiknya hindari berhutang dan memberi hutang. Kalau memang ada yang mau berhutang kepada kita sebaiknya dari awal saja di bantu dia semampu kita (tidak usah di beri pinjaman).

"Ya Allah Ya Tuhan kami hindarilah kami dari berhutang dan enggan untuk melunasinya, semoga kita selamat dunia akhirat dan tidak terlilit hutang".

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib