Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Allah ciptakan malam gunanya sebagai waktu istirahat semua makhluk hidup ciptaan-Nya, tidur tidak hanya untuk melepas penat bagi kita setelah seharian beraktifitas namun tidur akan menjadi ibadah jika dilakukan dengan benar, itulah mengapa Rasulullah menganjurkan kepada kita semua untuk berdoa terlebih dahulu sebelum tidur.

6 Amalan dan Doa Sebelum Tidur Malam Hari Sesuai Sunnah

Berikut 6 Amalan dan Doa Sebelum Tidur Malam Hari Sesuai Sunnah :

Pertama : Berwudhu

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat." (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Kedua : Shalat Witir

Untuk jaga-jaga jika khawatir tidak sempat bangun sebelum masuk waktu subuh alangkah baiknya melaksanakan shalat witir.

Ketiga : Membaca Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas (sebanyak 3 kali)

Dari Aisyah radhiallahu anhu berkata : "Nabi Muhammad SAW apabila hendak pergi ketempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas setelah itu meniupkan kedua telapak tangannya. Lalu kemudian beliau mengusap dengan keduanya keseluruh tubuh semampunya. Dimulai dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan hal tersebut itu tiga kali." (HR. Muslim).

Keempat : Membaca Doa Sebelum Tidur

Kelima : Jika serangkaian hal-hal di atas sudah di kerjakan dan susah tidur ada baiknya memperbanyak membaca dzikir (bisa istigfar maupun shalawat).

Keenam : Mencium suami atau istri (bagi yang sudah menikah).

Jika amalan sebelum tidur di atas di amalkan secara rutin setiap hari dan istiqomah, insya allah hal-hal baik akan selalu datang kepada kita dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Amin....

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib