Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Umumnya bulan ramadhan menurut kebanyakan masyarakat adalah bulan untuk beribadah dengan mengerjakan sebanyak-banyaknya amal ibadah dengan harapan Allah mengampuni segala dosa yang telah lalu di bulan-bulan yang telah lewat di tahun itu.

Oleh karena itu usahakan memperbanyak amal ibadah seperti sedekah, membaca dan mendengar Al Quran dan lain sebagainya. Karena setiap amal ibadah dalam bulan ramadhan berlipat ganda pahalanya.

7 Amalan Di Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Amal ibadah yang istimewa dikerjakan pada bulan ramadhan adalah memperbanyak pemberian atau memperbanyak sedekah.

Rasulullah SAW bersabda : "Bahwasanya Allah sangat banyak memberi, mencintai banyak pemberian, Allah Maha Pemurah, mencintai kemurahan".

Dari hadits lain Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang yang sedang berpuasa (pada bulan ramadhan), maka Allah akan memberikan ampunan kepadanya, dan menjadi pembebas dari ancaman neraka, dan barang siapa yang memberikan minuman kepada orang yang berpuasa (pada waktu berbuka), maka Allah akan memberikan minuman dari telaga yang tidak dapat menjadi haus sehingga ia masuk surga, dan orang itu memperoleh pahala bagaikan orang yang memerdekakan hamba sahaya".

Dalam hadits lain dinyatakan : "Barang siapa memberikan makanan untuk berbuka kepada orang yang sedang berbuka, maka baginya akan memperoleh pahala seperti yang diperoleh oleh orang yang sedang berpuasa itu dengan tidak kurang sedikitpun".

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa yang mendatangi pengajian pada Bulan Ramadhan, niscaya Allah memberikan pahala baginya tiap-tia langkah kakinya bagaikan ibadah satu tahun dan dia nanti bersama aku di bawah arasy. Barang siapa melanggengkan berjamaah pada bulan ramadhan, niscaya Allah akan memberikan pahala baginya tiap-tiap satu rakaat menjadi kota yang penuh dengan nikmat Allah. Barang siapa yang berbuat baik, taat kepada orang tuanya dalam bulan ramadhan, niscaya ia akan memperoleh dapat melihat Allah dengan rahmat-Nya dan aku menjamin nanti masuk surga. Dan siapa saja orang perempuan yang menuntut keridhaan suaminya di bulan ramadhan, niscaya ia akan memperoleh pahala seperti Maryam (ibunda Nabi Isa) dan Asiah (isteri Firaun). Barang siapa mencukupi hajat keperluan saudaranya yang muslim pada bulan ramadhan, maka Allah memberikan kecukupan baginya seribu hajat keperluan di hari kiamat". (H.R Anas bin Malik).

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Sebaik-baik sedekah ialah sedekah di bulan Ramadhan". (H.R. Turmudzi dari Anas).

"Puasa dan Al Quran dapat memberi syafaat kepada hamba yang di hari kiamat. Puasa berkata : "Wahai Tuhanku, aku telah menghalanginya dari makan dan syahwat (di siang hari), maka berilah aku kesempatan untuk memberikan syafaat kepadanya", Dan Al Quran berkata : "Ya Tuhan, aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, maka berilah kami kesempatan untuk memberikan syafaat kepadanya". Lalu diterima syafaat puasa dan Al Quran dan orang-orang itu (yang berpuasa dan membaca Al Quran) masuk ke dalam surga". (H.R. Abid Duniya dan Al Hakim dari Ibn Umar).

Kesimpulan :
  1. Memperbanyak sedekah (makanan & minuman)
  2. Giat datang kepengajian
  3. Istiqamah shalat berjamaah
  4. Berbakti kepada orang tua
  5. Berbakti kepada suami
  6. Suka membatu saudara
  7. Memperbanyak membaca Al Quran

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib