Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Firman Allah Ta'ala : "Makanlah olehmu sebagian di antara makanan-makanan baik yang telah Kami karuniakan padamu". Maksudnya makanan baik di sini  adalah makanan yang enak juga halal bukan makanan yang haram yang dilarang.

Dari Hurairah ra katanya : "Keluarga Muhammad itu tidak pernah makan kenyang selama tiga hari sampai beliau wafat". Riwayat Bukhari).

Hadist di atas menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW sepanjang hayatnya, hidupnya dalam keadaan bersahaja dan mencukupkan apa yang ada.

Adab Makan Rasulullah SAW

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa yang sedikit makannya, maka perutnya akan menjadi sehat dan hatinya akan bersih. Sebaliknya barangsiapa yang banyak makannya maka perutnya akan ditimpa sakit dan hatinya akan menjadi keras".

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Cukuplah bagi seseorang itu beberapa suap makanan guna menopang tulang punggungnya. Dan seandainya tidak cukup dan harus ditambah, maka hendaklah sepertiganya - dari perut itu - untuk makanan, sepertiganya lagi untuk minuman dan sepertiganya lagi untuk pernafasan.

Umar bin Abi Salamah : "Ketika masih kecil, saya berada dalam asuhan Rasulullah SAW dan tangan saya kian kemari di atas piring. Maka sabda Rasulullah SAw : "Hai nak ! Sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah mana-mana yang berada di dekatmu !" Maka demikianlah tatatertiba makan saya setelah itu". (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dari Anas ra, katanya : "Sabda Rasulullah SAW : "Sebutlah nama Alah dan hendaklah setiap orang itu mengambil makanan yang berada didepannya !" (Riwayat Bukhari).

Dari Aisyah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Jika salah seorang di antara kalian makan, maka hendaklah disebut nama Allah Ta'ala. Dan jika ia lupa menyebut nama Allah Ta'ala itu pada permulaannya, maka hendaklah diucapkannya "Bismilaahi awwaluhu wa akhiruhu - Dengan nama Allah dari awal hingga akhir". (Diriwayatkan oleh Turmudzi, Nasa-i dan Abu Daud).

Dari Ibnu Umar ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : "Jika salah seorang di antaramu makan, maka hendaklah ia akan dengan tangan kanannya dan jika ia minum, hendaklah minum dengan tangan kanannya, karena sesungguhnya syetan itu makan dengan tangan kirinya dan minum juga dengan tangan kirinya". (Diriwayatkan oleh Muslim, Turmudzi, Nasa-i dan Abu Daud).

Itulah beberapa hadist tentang Adab Makan Rasulullah SAW. Semoga dengan membaca hadist di atas membuat adab makan kita lebih baik lagi dan bisa menularkannya kepada anak istri.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib