Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Manfaat Membaca Yasin Untuk Orang Meninggal - Setiap surat dalam Al-Qur’an masing-masing memiliki keutamaan yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Termasuk juga surat yasin, banyak keutamaan, fadhilah, dan hikmah yang ada pada surat ke-36 ini. Oleh karena itu, banyak umat muslim di Indonesia yang rutin untuk membaca surat yasin.

“Bacalah surah Yasin kepada orang-orang mati di antara kalian”  (HR. Abu Dawud jilid 8/385)

Manfaat Membaca Yasin Untuk Orang Meninggal

Surat Yasin merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu surat ke-36 dengan jumlah ayat yaitu 83 ayat. Surat Yasin merupakan surat yang dikategorikan dalam surat Makkiyah, yaitu surat yang turunnya di Mekkah. Dari ayat 1 – 21 adalah juz 21 dan ayat 22 – 83 masuk ke juz 22.

مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ كُلَّ جُمُعَةٍ فَقَرَأَ عِنْدَهُمَا أَوْ عِنْدَهُ يَس غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ كُلِّ آيَةٍ أَوْ حَرْفٍ.

“Barangsiapa menziarahi kubur kedua orang tuanya setiap Jum’at dan membacakan surat Yaasiin (di atasnya), maka ia akan diampuni (dosa)nya sebanyak ayat atau huruf yang dibacanya.”

مَنْ قَرَأَ يَس فِيْ لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ فَاقْرَؤُوْهَا عِنْدَ مَوْتَاكُمْ.

“Barangsiapa membaca surat Yaasiin karena mencari keridhaan Allah Ta’ala, maka Allah akan mengampunkan dosa-dosanya yang telah lalu. Oleh karena itu, bacakanlah surat itu untuk orang yang akan mati di antara kalian.” [HR. Al-Baihaqi dalam kitabnya, Syu’abul Iman]

Menurut Abu Hatim dan sebagian ulama lainnya bahwa sunnah dibacakan surah Yasin, ketika menjelang kematian atau sakaratul maut untuk mempermudah keluarnya ruh.

Namun pendapat Ibn Rif’ah menyatakan bahwa dianjurkan membaca surah Yasin setelah meninggal. Dengan demikian jika ada 2 pendapat seperti itu, maka lebih utama adalah menggabungkan keduanya yakni membaca surah Yasin di waktu sakaratul maut dan setelah meninggal. 

Inilah Manfaat Membaca Yasin Untuk Orang Meninggal :
  1. Akan mendapatkan ketenangan di alam kubur
  2. Akan dikurangi siksanya di alam kubur

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Membaca Yasin Untuk Orang Meninggal dari saya semoga bermanfaat.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib