Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasul - Berdoa dan berdzikir setelah sholat tahajud sangat penting agar sholat tahajud yang sudah dikerjakan semakin maksimal. Anda juga pasti sudah mengetahui bahwa barang siapa yang rutin sholat tahajud Insya Allah derajatnya akan ditinggikan Allah setinggi tingginya baik itu dibumi maupun di akhirat.

Dibawah ini akan saya share doa sesudah sholat tahajud lengkap dengan arti, jadi silahkan bookmark artikel ini sampai anda benar-benar hafal atau kalau mau cepat hafal sering-seringlah menulis ulang doa sesudah sholat sampai.

Sholat tahajud minimal dikerjakan 2 rakaat sedangkan maksimalnya tanpa batas. Kalau dikerjakan lebih dari 2 rakaat cara mengerjakannya 2 rakaat salam 2 rakaat salam. Sholat tahajud harus dikerjakan setelah bangun tidur dan apabila dikerjaan tanpa tidur maka hasilnya sama dengan sholat sunnah biasa. Adapun waktu pelaksanaan sholat tahajud yaitu setelah sholat isya hingga waktu sebelum masuk waktu sholat subuh. Mendirikan sholat tahajud sangat di anjurkan oleh Allah SWT walaupun dari segi hukumnya hanya sunnah.

Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasul

Waktu sholat tahajud terbagi menjadi 3 yaitu :
  1. Jam 19.00 - 22.00 (Utama)
  2. Jam 22.00 - 01.00 (Lebih Utama)
  3. Jam 01.00 - Sebelum masuk waktu subuh (Sangat Utama)

Berikut Ini Niat Sholat Tahajud Arab dan Latin :

اُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى... اللهُ اَكْبَرْ 

"USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA... ALLAHU AKBAR". 

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala...Allahu akbar".

1. Cara Sholat Tahajud di Rakaat Pertama.
  • Niat Sholat Tahajud
  • Takbiratul Ikhram dg mengucapkan Takbir ( Allahu Akbar)
  • Membaca Doa Iftitah
  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Surat-Surat Dalam Al Qur’an Yang Hafal
  • Gerakan Sholat Ruku dan Doa nya
  • Gerakan Sholat I’tidal dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Pertama dan Doanya
  • Gerakan Sholat Duduk diantara 2 Sujud dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Kedua dan Doanya
  • Berdiri kembali untuk Rakaat Kedua Sholat Tahajud

2. Cara Sholat Tahajud di Rakaat Kedua
  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Surat-Surat Dalam Al Qur’an Yang Hafal
  • Gerakan Sholat Ruku dan Doa nya
  • Gerakan Sholat I’tidal dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Pertama dan Doanya
  • Gerakan Sholat Duduk diantara 2 Sujud dan Doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Kedua dan Doanya
  • Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dan membaca doanya
  • Gerakan Salam "Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh"

Setelah selesai sholat tahajud, bacalah Doa sholat tahajud dibawah ini sesuai dengan bacaan doa yang sering Nabi Muhammad SAW kerjakan. Seperti dibawah ini :

اَللّهُمَ لَكَ اْلَحمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ , وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ , وَلَكَ اْلحَمْدُ نُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَلَكَ اْلَحمْدُ اَنْتَ اْلحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌ وَاْلجَنَّةُ حَقٌ وَالنَّارُ حَقٌ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌ وَمُحَمَّدٌ صلعم حَقٌ وَالسَّاعَةُ حَقٌ , اَللَّهُمَ لَكَ اَسْلَمْتُ، وَبِكَ اَمَنْتُ , وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَااَخَّرْتُ وَمَااَسْرَرْتُ وَمَااَعْلَنْتُ وَمَااَسْرَفْتُ وَمَااَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ اْلمُؤَخِّرُ لآاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ 
لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيَّ اْلعَظِيْمِ. وَاْلحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Artinya : "Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji hanyalah milik-Mu. Engkaulah penguasa langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji hanyalah milik-Mu. Engkaulah cahaya langit. Segala puji hanyalah milik-Mu, Engkaulah Yang benar, dan janji-Mu lah yang benar, perjumpaan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah, hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Maka ampunilah aku atas segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Akhir. Tidak ada tuhan selain Engkau ya Allah, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzolim. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan pertolongan Engkau Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam".

Setelah membaca doa di atas dilanjutkan dengan doa masing-masing atau doa sesuai dengan hajat masing-masing. Lalu setelah itu baru berdzikir.

Dzikir yang dianjurkan adalah membaca istigfar, tasbih, tahmid, takbir dan shalawat (masing-masing 100 kali) atau seberapa mampu saja. Tujuan berdzikir adalah agar kita semakin dengan dengan Allah SWT.

Dari pengalaman penulis waktu yang paling mantab untuk sholat tahajud adalah kurang lebih 1 jam sebelum sholat subuh. Jadi ketika sudah selesai sholat tahajud dan waktu masih lama, jadi kita isi dengan dzikir sambil menunggu waktu shalat subuh. Kalau masih ada waktu bisa membaca Al Quran. Surat Yasiin misalnya.

Itulah Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasul, semoga bermanfaat dan apa saja hajat kita bisa segera di ijabah Allah SWT. Amin.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib