Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Kisah Nabi Isa Lengkap - Nabi Isa AS merupakan salah satu dari Ulul Azmi. Ulul Azmi adalah sebuah gelar khusus yang diberikan oleh Allah SWT bagi nabi – nabi pilihan-Nya yang memiliki ketabahan sangat luar biasa. Dalam Al Quran, Nabi Isa kerap disebut dengan Isa al-Masih atau Isa bin Maryam. Pada tahun ke 29 M, ia diangkat oleh Allah SWT untuk menjadi nabi dan diberikan amanah untuk berdakwah ke Bani Israil yang berada di Palestina. Namanya sering kali disebut di dalam kitab suci umat Islam, yaitu Al Quran sebanyak 25 kali. Berikut ini merupakan kisah Nabi Isa AS lengkap beserta dengan mukjizat yang ia peroleh selama masa hidupnya :

1. Kelahiran Nabi Isa AS tanpa kehadiran sosok ayah

Nabi Isa AS lahir tanpa adanya sosok ayah atau hanya dari ibunya saja, yaitu Maryam. Umat Muslim mempercayai kesucian Maryam dan telah diceritakan seluruh kisahnya di dalam kitab suci Al Quran. Maryam adalah sosok wanita yang ahli ibadah dan ia telah dikunjungi langsung oleh malaikat Jibril. Saat itu, malaikat Jibril menyampaikan suatu hal kepada Maryam bahwa ia akan diberikan seorang putra yang diberi nama Isa. Atas berita tersebut, Maryam sangat terkejut mendengarnya sebab ia sudah bersumpah kepada Allah untuk tetap menjaga kesucian dirinya dan tetap akan mempertahankan hal tersebut.

Salah satu pertanyaan yang muncul di benak Maryam ialah bagaimana ia bisa mengandung tanpa pernah disentuh sedikitpun oleh lelaki manapun. Jibril pun memberikan penjelasan kepada Maryam bahwa hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan oleh Allah sebagai tanda atas kebesaran-Nya. Sama halnya saat Allah menciptakan Nabi Adam yang tidak disertai kehadiran ibu dan ayah.

Kisah Nabi Isa Lengkap

Setelah Allah memberikan anak yaitu Isa ke dalam rahim Maryam, ia lantas mengasingkan diri dari keluarganya ke sebuah tempat yang berada di sebelah timur. Di tempat tersebut, Maryam melahirkan seorang diri.

2. Ketika masih bayi, Nabi Isa AS sudah fasih berbicara, berdakwah, dan membela ibunya sendiri

Akhirnya, Maryam memberanikan diri untuk membawa Isa ke depan kaumnya sambil menggendongnya. Kaum tersebut tidak percaya bahwa Maryam bukanlah seorang pezina, yang dilakukan Nabi Isa yang masih bayi adalah membela ibunya bahwa ibunya bukanlah seorang pezina dan membuktikan bahwa ia adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah untuk menuntun umat manusia ke dalam jalan yang benar, seperti yang tercantum di dalam Al Quran Surat Maryam ayat 27-33. Orang – orang yang ada di sekelilingnya merasa terkejut dan tidak percaya, bahwa ada seorang bayi yang mampu berbicara dengan fasih.

Selain beberapa kisah Nabi Isa AS di atas, Nabi Isa AS juga mempunyai beberapa mukjizat lainnya, diantaranya adalah :

1. Kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa AS

Salah satu mukjizat Nabi Isa AS adalah diwahyukannya kitab Injil dari Allah SWT. Kitab Injil diturunkan oleh Allah sebagai petunjuk dan penerang dan pengajaran bagi orang – orang yang bertakwa serta sebagai pembenar kitab sebelumnya, yakni Kitab Taurat. Hal ini terdapat di dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 46.

2. Nabi Isa AS dapat menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal

Kaum yang hidup di zaman Nabi Isa AS ini sangat pandai berdebat dan mengingkari adanya ruh dan hari kebangkitan bagi manusia. Mereka meminta kepada Nabi Isa untuk dapat menghidupkan kembali orang yang sudah lama mati, dan tentu saja atas izin dari Allah Nabi Isa pun menyanggupi permintaan kaumnya.

Sebuah kuburan tua menjadi objek mereka. Dengan tenang, Nabi Isa hanya berkata bahwa ia akan menghidupkan kembali orang tersebut atas adanya izin dari Allah SWT. Atas izin-Nya, orang yang sudah lama mati tersebut tiba – tiba hidup kembali dengan bagian tubuh yang lengkap seperti pada awalnya. Dan orang mati tersebut dapat berbincang oleh Nabi Isa beserta kaumnya.

3. Nabi Isa AS dapat membuat burung hanya dari tanah

Setelah Nabi Isa AS berhasil membuktikan permintaan dari kaum Bani Israil yang meminta untuk membangkitkan kembali orang yang sudah lama mati. Nabi pun kembali bertanya ke kaumnya apa mereka sudah yakin akan adanya hari kebangkitan atau hari akhir. Namun, mereka hanya terdiam dan tidak merespon ucapan Nabi Isa AS karena masih terbilang cukup shock akan kejadian yang barusan terjadi. Sampai akhirnya, mereka berkata bahwa mereka masih belum percaya akan kenabian Nabi Isa AS, dan mereka meminta kembali Nabi Isa AS untuk memberikan pembuktian lainnya.

Salah satu permintaan dari kaum Bani Israil adalah Nabi Isa AS diminta untuk membuat burung yang hidup namun hanya terbuat dari tanah liat. Yang Nabi Isa AS lakukan hanyalah meminta pertolongan kepada Allah SWT untuk membantunya. Nabi Isa mengambil sebongkah tanah liat dan ia mulai membentuknya hingga menjadi seekor burung. Nabi Isa meniup burung hasil buatannya dan burung tersebut berhasil hidup dan terbang bebas di udara atas izin dari Allah SWT. Nabi Isa sudah menunjukkan mukjizatnya kepada kaum Bani Israil, namun mereka tetap saja belum mempercayainya dan menuduh Nabi Isa memiliki sihir.

4. Nabi Isa AS mampu menurunkan makanan dari atas langit

Saat itu, Nabi Isa AS tengah berkumpul bersama dengan para pengikutnya di sebuah tempat ibadah. Mereka meminta kepada Nabi untuk menurunkan berbagai makanan serta minuman dari atas langit. Secara tidak sengaja, kaum lain yang masih meragukan kenabian Nabi Isa AS pun mendengar permintaan tersebut dan meminta izin untuk bergabung dengan umat nabi lainnya. Yang dilakukan Nabi Isa adalah berjalan serta beliau meletakkan tangan kanan di atas tangan kirinya serta menunduk untuk meminta pertolongan dari Allah SWT.

Ketika Nabi Isa berdooa, makanan pun turun dari celah – celah dua awan, awan yang satu di atas dan awan yang lain berada di bawahnya. Semua orang yang ada di tempat tersebut kagum atas kehebatan yang dimiliki Nabi Isa. Hal tersebut membuat pengikut Nabi Isa menjadi bertambah dan bagi mereka yang sudah mempercayai kenabian Nabi Isa AS semakin memperdalam keimanan yang mereka miliki.

Masih banyak lagi mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Isa AS yakni dapat mengetahui Taurat asli Musa yang disembunyikan dan mengalami banyak sekali perubahan oleh orang – orang tidak bertanggung jawab dari kaum Yahudi, mampu menyembuhkan orang yang buta, mampu menyembuhkan orang yang memiliki penyakit sopak, diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk dapat melihat hal – hal gaib melalui panca indera yang ia miliki meskipun ia tak menyaksikannya langsung.

Itu dia beberapa kisah Nabi Isa AS lengkap beserta dengan beberapa mukjizat yang ia miliki dari Allah SWT. Semoga dengan kita mengetahui kisah Nabi Isa tersebut, keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT semakin mendalam.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib