Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Hari jumat memiliki banyak sekali keistimewaan bagi kaum muslim yang mengamalkan atau mengerjakan amalan-amalan pada hari jumat tersebut. Hari jumat adalah hari rayanya umat muslim dalam 1 minggu. Pada hari jumat akan banyak sekali pahala yang Allah turunkan, sekaligus waktu yang sangat tepat untuk kita gunakan memohon ampunan dari segala dosa yang telah di perbuat, jadi sangat sayang dilewatkan begitu saja tanpa melakukan amalan 1 pun.

Saking istimewanya hari jumat di mana pada hari tersebut Nabi Adam diciptakan dan dimasukkan kedalam surga dan Nabi Adam dikeluarkan dari surga juga pada hari jumat, serta hari kiamat tidak akan terjadi kecuali bertepatan pada hari jumat.

7 Amalan Hari Jumat Sesuai Sunnah Sangat Dianjurkan

Berikut ini beberapa amalan yang sangat baik dikerjakan pada hari jumat :

Bersih-bersih

Mulai dari membersihkan diri sendiri seperti keramas, motong kuku, merapikan kumis jenggot, memakai pakaian yang baik, memakai minyak wangi,  membersihkan kamar-kamar, dapur dan bagian-bagian rumah lainnya.

Membaca Surat Al Kahfi

Amalan selanjutnya yang sangat dianjurkan adalah membaca surat Al Kahfi pada hari jumat, karena siapa saja yang membaca surat Al Kahfi ia akan mendapatkan cahaya dari dirinya hingga ke Mekkah. Waktu membacanya bisa mulai dari malam jumat sampai dengan sore jumat.

Banyak Berdoa

Dari sekian banyak waktu mustajab untuk berdoa salah satunya adalah pada hari jumat. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya kurang lebih "Jika seorang muslim berdoa, pasti akan diberikan apa yang ia kehendaki".

Memperbanyak Membaca Shalawat

Membaca shalawat memang bisa kapan saja, namun jika membaca shalawat pada hari jumat itu mempunyai keistimewaan tersendiri sebab shalawatnya umat Nabi Muhammad diperlihatkan kepada Rasulullah pada setiap jumat. Orang yang paling banyak bershalawat nantinya dialah yang paling dekat dengan Rasulullah pada hari kiamat.

Membaca Istigfar dan Dzikir

Allah akan melipat gandakan pahala bagi siapa saja yang mengerjakan amalan shaleh pada hari jumat. Selain membaca istighfar baca juga tahlil, tahmid dan juga takbir, minimal masing-masing 100 kali.

Membaca Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas 7 Kali

Diamalkan setiap selesai salam shalat jumat sebanyak masing-masing 7 kali, keutamaannya adalah Allah akan menjaga orang yang mengamalkannya, keluarganya, hartanya sampai jumat berikutnya dan Allah ampuni dosanya.

Ziarah Kubur

Setelah pulang dari mesjid usai melaksanakan shalat jumat sangat baik untuk ziarah ke kubur bersama istri dan anak, khususnya ke kubur orang tua. Mendoakan mereka sebagai bakti kepada orang tua dan memetik hikmah atau pelajaran agar mengingat kematian.

Sudahkah melakukan amalan sunnah pada hari jumat ?

Demikianlah 7 Amalan Hari Jumat Sesuai Sunnah Sangat Dianjurkan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan di share ke sosial media kalian agar menjadi amal jariyah.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib