Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Dalam Islam kita dianjurkan untuk menjalin silaturahmi dan saling mendoakan dalam kebaikan. Di dunia yang sementara ini kita hidup seperti roda yang terus berputar kadang di atas kadang di bawah, kadang di uji dengan sakit kadang di uji dengan sehat.

Semua itu Allah lakukan tujuannya adalah untuk menguji iman kita. Ketika sakit yakinlah datangnya dari Allah dan kita tetap harus bersyukur, bersabar dan berikhtiar karena dengat sakit menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan ini jugalah bentuk sayang Allah kepada kita.

Mendoakan Orang Sakit Sesuai Sunnah Supaya Cepat Sembuh

Salah satu bentuk ikhtiar kita adalah berdoa, istirahat dan berobat, serta yakin bahwa kesembuhan itu juga datang dari Allah SWT.

Berikut ada beberapa doa untuk orang sakit yang bisa kita baca saat menjenguk ataupun mendoakan mereka dari jauh.

Ini adalah yang dibaca Nabi Muhammad SAW untuk keluarganya sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA :

 اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا 

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman. 

Artinya : "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri".

Nabi Muhammad SAW membaca doa ini saat meruqyah salah seorang sahabat :

 امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ 

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.  

Artinya : "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau".

Nabi Muhammad SAW menganjurkan membaca doa di bawah ini sebanyak tujuh kali di hadapan orang yang sedang saki : 

 أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ 

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka. 

Artinya : “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Riwayat Abu Daud dan At Tirmidzi).

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib